Khilafah ‘ala Minhajin Nubuwwah Tidak Dibahas dalam Kitab Aqidah, Tafsir, Hadits, Tarikh & Fiqh

 

Khilafah ‘ala Minhajin Nubuwwah Tidak Dibahas dalam Kitab Aqidah, Tafsir, Hadits, Tarikh & Fiqh

Hizbut Tahrir masih saja koar-koar soal akan datangnya kembali khilafah ‘ala Minhajin Nubuwwah berdasarkan riwayat yang tercantum dalam kitab Musnad Ahmad. Saya sudah pernah bahas problematika riwayat tersebut dari sudut sanad dan matan, sekarang kita lihat apakah riwayat ini dianggap penting atau setidaknya dibahas dalam al-kutub al-mu’tabarah (kitab yang dijadikan rujukan utama)?


I. Akidah

HTI mengklaim bahwa masalah khilafah ini termasuk ushul ad-din (pokok atau inti ajaran Islam):

والدليل على فرضية العمل لإقامة الدولة الإسلامية هو دليل قطعي في ثبوته ودلالته. ولذلك فإن منكره كافر

(dalil kewajiban melakukan penegakkan daulah islamiyah itu dalil qath’i. Siapa yang menentangnya kafir). Ini dari majalah resmi mereka https://www.al-waie.org/archives/article/2949.

Padahal kita tahu tidak ada penegakkan khilafah itu dalam rukun Iman dan rukun Islam. Apakah kitab-kitab bidang Aqidah dalam ahlus sunnah wal jama’ah membahas hadits riwayat khilafah ‘ala minhajin nubuwwah?


Mari kita cek

1. Al-Fiqh al-Akbar: Imam Abu Hanifah

2. Al-Jami’ li ‘Ulum: Imam Ahmad bin Hanbal

3. Syarh Sunnah: Imam al-Muzani

4. Matan At-Thohawiyah: at-Thahawi

5. Al-Ibanah: Abul Hasan al-Asy’ari

6. Risalah ila Ahl ats-Tsaghr: Abul Hasan al-Asy’ari

7. At-Tauhid: al-Maturidi

8. Al-I’tiqad: al-Qadiri

9. Al-Iqtishad fil I’tiqad: Imam al-Ghazali

10. Qawa’id al-Aqaid: Imam al-Ghazali

11. Al-I’tiqad: Ibn Abi Ya’la

12. Al-Milal wan Nihal: Syahrastani

13. Ma’alim Ushul al-Din: Fakhruddin ar-Razi

14. Ghayatul Maram fi ‘Ilmil Kalam: al-Amidi

Kesimpulan: kitab-kitab soal aqidah di atas TIDAK menyebutkan apalagi membahas riwayat Khilafah ‘ala minhajin nubuwwah.


II. Kitab Tafsir

1. Tafsir at-Thabari

2. Tafsir Muqatil

3. Tafsir Qurthubi

4. Tafsir as Samarqandi

5. Tafsir al-Maturidi

6. Tafsir al-Baghawi

7. Tafsir Zamakhsyari

8. Tafsir ar-Razi

9. Tafsir Baidhawi

10. Tafsir al-Khazin

11. Tafsir al-Biqai

12. Fathul Qadir Syawkani

13. Tafsir al-Qasimi

14. Tafsir al-Maraghi

15. Tafsir Sayid Qutb

16. Tafsir Sya’rawi

17. Tafsir al-Munir

18. Tafsir Ibn Katsir

Kesimpulan: TIDAK ADA yang membahas riwayat Khilafah ‘ala minhajin nubuwwah


III. Kitab Hadits

Ada 6 kitab hadits utama (kutubus

Sittah) yang dijadikan pegangan ulama:

1. Shahih Bukhari

2. Shahih Muslim

3. Sunan Abi Dawud

4. Sunan at-Tirmidzi

5. Sunan Nasa’i

6. Sunan Ibn Majah

Kesimpulan: riwayat hadits Khilafah ‘ala minhajin nubuwwah TIDAK ADA dalam keenam kitab hadits utama di atas.


IV. Tarikh

Saya cek ke kitab utama ini:

1. Tarikh at-Thabari

2. Tarikh al-Khulafa: Suyuthi

3. Tuhfatul umara: Ibn Maskawaih

4. Al-Muntazham: Ibnul Jawzi

5. Al-Kamil fit tarikh: ibn al-Atsir

6. Tarikh al-Manshuriy

7. Tarikh al-Islam: imam Dzahabi

8. Tarikh Ibn Khaldun

9. Siyar A’lam an-Nubala: Imam Dzahabi

10. Al-Bidayah wan Nihayah: Ibn Katsir

Kesimpulan: dari kitab di atas TIDAK ADA yang menyebutkan riwayat khilafah ‘ala minhajin nubuwwah, kecuali Ibn Katsir dalam al-Bidayah wan Nihayah jilid 6 halaman 627.

Ternyata Ibn Katsir membahasnya dalam sub bab Isyarat Kenabian akan pemerintahan Umar bin Abdul Azis. Kenapa demikian? Seperi pernah saya bahas sebelumnya, para ulama memang memahami riwayat khilafah ‘ala minhajin nubuwwah itu maksudnya Umar bin Abdul Azis, bukan untuk periode khilafah masa sekarang.

Makanya khalifah Umar bin Abdul Azis dianggap sebagai khalifah kelima dalam al-khulafa ar-rasyidun. Jadi, Ibn Katsir tidak membahas riwayat ini seperti cara HTI membahasnya. Beda jauh!


V. Fiqh

Kitab fiqh dari berbagai mazhab saya telaah:


V.I Mazhab Hanafi:

1. Al-Ashl al-Ma’ruf: Syaybani

2. Al-Mabsuth: as-Sarkhasiy

3. An-Nukat: as-Sarkhasiy

4. Badai’ as-Shanai’: al-Kasani

5. Al-Hidayah: al-Marghinani

6. Hasyiyah Ibn Abidin


V.II Mazhab Maliki

1. Al-Mudawwanah: Imam Malik

2. Syarh Ar-Risalah: al-Qadhi Abdul Wahab

3. Al-Muqadimat: Ibn Rusyd al-Jad

4. Bidayatul Mujtahid: Ibn Rusyd al-hafid

5. Jami’ al-Umahat: Ibn al-Hajib

6. As-Syamil fi fiqh al-Imam Malik


V.III Mazhab Syafi’i

1. Al-Umm: Imam Syafi’i

2. Mukhtashar al-Muzani

3. Al-Hawi al-Kabir: al-Mawardi

4. Al-Majmu’ syarh muhazzab: Imam Nawawi

5. Raudhatut Thalibin: Imam Nawawi

6. Minhajut Thalibin: imam Nawawi

7. Fathul Wahab: Zakaria al-Anshori

8. Fathur Rahman: Imam ar-Ramli

9. Nihayatul Muhtaj: Imam ar-Ramli


V.IV Mazhab Hanbali

1. Al-Jami’ li Ulum: Imam Ahmad

2. Al-Irsyad: al-Hasyimiy

3. Al-Hidayah ‘ala Mazhab Imam Ahmad

4. Umdatul hazim

5. Al-Kafi fi fiqh al-Imam Ahmad

6. Al-Mughni: Ibn Qudamah


VI. Fiqh Umum

1. Ikhtilaful fuqaha: al-Marwazi

2. Al-Fiqhul Islami wa adillatuhu: Wahbah Az-Zuhaili

3. Al-Fiqh ‘ala mazahibil arba’ah

4. Mausu’ah fiqh kuwait


VII. Siyasah

1. As-Siyasah: Ibn Sina

2. Al-Ahkam as-Sulthaniyah: al-Mawardi

3. Tashil Nazhar: al-Mawardi

4. Siyar al-Muluk: Nizamul Muluk

5. At-Tibrul Masbuk fi Nashihatil Muluk: imam al-Ghazali

6. Sirajul Muluk: at-Thurthusyi

7. Al-Manhaj al-Masluk fi siyasat al-muluk: Syairazi

8. At-Thuruqul Hukmiyah: Ibn Qayyim

9. Al-Khilafah: Syekh Rasyid Ridha

10. As-Siyasah as-Syar’iyah: Abdul Wahab Khallaf

Kesimupulan: TIDAK satupun kitab fiqh di atas baik dari berbagai mazhab, kitab fiqh umum maupun khusus masalah siyasah, baik klasik maupun modern, yang mencantumkan hadits riwayat Khilafah ‘ala minhajin nubuwwah apalagi membahas bahwa kelak akan datang lagi khilafah yang sesuai dengan manhaj kenabian.


KESIMPULAN:

Jadi hadits riwayat khilafah ‘ala minhajin nubuwwah tidak dianggap penting untuk dibahas dalam referensi utama yang otoritatif dalam tradisi keilmuan Islam.

Juga tidak dianggap sebagai dalil untuk penegakkan khilafah, dan tidak dianggap sebagai janji Allah dan RasulNya bahwa khilafah akan kembali datang. Tuntas sudah!

Tolong jangan marah-marah sama saya atau malah koar-koar mau nantang debat segala yah hehhehe

Dipikirkan saja bukti di atas yang lebih terang dari cahaya, sebelum anda malu-malu mengakuinya.

Gak apa-apa…sudah saya maafkan ketidaktahuan Anda


Nadirsyah Hosen, Rais Syuriyah PCI Nahdlatul Ulama Australia – New Zealand dan Dosen Senior Monash Law School.

sumber : https://khilafah.id/khilafah-ala-minhajin-nubuwwah-tidak-dibahas-dalam-kitab-aqidah-tafsir-hadits-tarikh-fiqh/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.