Urutan Turunnya Surat AlQuran

 

URUTAN TURUN SURAH AL-QUR-AAN.
oleh :
Sajuti Thalib, *) (pengadjar hukum Islam, FH UI, 31-8-1971)

Al-Qur-aan adalah sumber hukum pertama dalam hukum Islam. Usaha penelitian al-Qur-aan terus menerus dilakukan oleh berbagai pihak. Satu penelitian berlain tekanan perhatiannja dari penelitian jang lain.

Tekanan perhatian dalam tulisan ini ditudjukan kepada urutan turun surah al-Qur-aan itu. Dimaksudkan sebagai su- atu bahan dalam mempeladjari hukum Islam. Satu bahagian dari padanja jaitu hukum mu'amalah. Jang kalau dichususkan lagi adalah hukum mu'amalah mengenai hukum kekeluargaan berupa hukum kewasisan dan hukum perkawinan.

1. Al-Qur-aan terdiri atas 114 surah, pandjang dan pendek. Susunan pembukaannja jang kita djumpai sekarang dimu- lai dengan al-Faatihah (Pembukaan) terdiri atas 7 ajat, turun di Mekah sebagai surah kelima turunnia. Djadi bukan surah pertama turunnja. 

Sedangkan surah pertama turunnja ada- lah surah Al-'Alaq ditempatkan sebagai surah ke-96 dalam urutan pembukaannja sekarang ini. Sesudah itu sebagai surah kedua dalam urutan pembukaannia sekarang ialah Al-Baqarah (Sapi betina) terdiri dari 286 ajat.

Dan demikian lah berturut-turut diikuti oleh surah-surah jang ajatnja angsur-angsur keachir Al-Qur-aan dengan surah jang lebih pendek dan lebih pendek lagi. Penulisan Al-Qur-aan demi- kian itu merupakan suatu kodifikasi jang sistimatis dan benar, serta meliputi persoalan setjara keseluruhan. 

Surah- surah jang pandjang jang turun di Medinah jang umumnja berisikan persoalan kemasjarakatan ditempatkan dibagian depan. Sedangkan surah-surah jang turun di Mekah jang umumnja pendek-pendek jang isinja terutama mengenai hubungan manusia dengan Tuhannja dibukakan dibagian belakang dari al-Qur-aan. 

Suatu kodifikasi jang memenuhi ketentuan-ketentuan ilmu hukum modern a)., walaupun dikodifikasikannja 1380 tahun jang lalu, pada tahun 12 H, atau tahun 633 M. pada saat pemerintahan Chalifah Abu Bakar oleh Zaid bin Tsabit dkk pada masa Chalifah Utsman.

2. Ajat Al-Qur-aan adalah 6236 ajat. Mengenai djumlah ajat ini terdapat perbedaan pendapat. Ketidak samaan ini ter- lihat dalam Al-Qur-aan tjetakan berbagai negara Islam atau negara jang kebanjakan penduduknja beragama Islam Suatu kitab penundjuk isi dan ajat al-Qur-aan jang sangat penting bagi umat Islam adalah Fat-h Al-Rahman (Fat hurrahman). 

Hanja sadja angka angka ajatnja adakalanja tertinggi atau terendah satu dua ajat dari al-Qur-aan jang biasa kita pergunakan di Indonesia. Jang dipergunakan di- sini adalah Fat-h al Rahmaan jang ditjetak di Beirut tahun 1323 H. disusun oleh Faidhullah al-Husny. 

Perbedaan itu terlihat misalnja mengenai persoalaan kalalalah pada surah al-Nisaa' jang termuat dalam ajat 12 dan 176 menurut al- Qur-aan tjetakan Muhammadijah keluaran tahun 1952, sedangkan dalam Fat-h al-Rahman tersebut dimuatkan da- lam ajat 11 dan 175 b).

Sungguhpun demikian perlainan penomoran ajat itu tidaklah mengakibatkan turunnja mutu al-Qur-aan, sebab isinja tetap sama dan tidak ada perobahan sehingga penger- tiannjapun tetap sama, tidak berobah karena berlainan letak penomeran ajat itu.

3. Untuk ilmu pengetahuan hukum dan sedjarah sangat berguna mengenai asbaab al-nuzuul (asbaabunnuzuul) dari se- suat ajat dan surah serta urutan chronologis turunuja surah-surah itu. Arti Asbaab al-nuzuul ialah sebab2 dan hubungan kedjadian turunnja suatu ajat atau suatu surah al-Qur-aan.

Dalam penjusunan menurut urutan waktu turunnja surah-surah itu terlihat bahwa tidak semua surah turunnja setjara keseluruhan di Mekah atau di Medinah sadja. Ada diantaranja sebagian dari suatu surah turun di Mekah dan sebagian jang lain turun di Medinah. Kalau surah itu surah terachir turun di Mekah jang sekaligus merupakan pula surah pertama turun di Medinah, tidak begitu sulit untuk menerangkannja.

Tetapi adakalanja memang harus mendjadi penelaahan dan pemeriksaan tersendiri tentang adanja ajat 1, 2 dan 3 dari suatu surah turun di Mekah tetapi ajat 4, 5 dan 6 nja turun di Medinah, sedangkan surah itu bukan surah masa peralihan/hidjrah Rasulullah, dari Mekah ke Medinah. Dan hal ini sejogianja dikemukakan lebih terperintji oleh ahli tafsir.

Dibawah ini kita perlihatkan urutan turunnja surah al-Qur-aan dan sekedar tjatatan tentang terdapatnja bebe- rapa ajat dari suatu surah jang turunnja bukan ditempat turunnja sebagian besar dari ajat surah jang bersangkutan. Lihatlah dalam daftar berikut.

4. Susunan surah al-Quraan menurut urutan turunnja.







No. urut Nama No. urut dalam al-Qur-aan sekarang Banjak ajat Turun Ketjuali
1 Al-'Alaq             S. 96 19. Mekah.(Darah sekepal).
2. Al-Qalam            S. 68 52. Mekah. 17 s/d 33,48 s/d 50 di Medinah (Qalam).
3. Al-Muzzammil   S. 73. (Jang berselimut). 20 Mekah. 10, 11, 20 di Medinah.
4. Al-Muddatstsir S. 74. 56. Mekah(Jang berselubung).
5. Al-Faatihah S. 1. 7. Mekah.(Pembukaan).
6. Al-Masad/Al-Lahab/Abi Lahab S.(Tali dari sabut kela-111.5.Mekah.pa/Gedjolak api).
7. Al-TakwiirS. 81.29.
Mekah
(Menggulung).
8. Al-A'la
S. 87.
19.
Mekah.
(Jang tertinggi).
9. Al-Lail
S. 92.
21.
Mekah.
(Malam).
10. Al-Fadjr
S. 89.
30.
Mekah.
(Fadjar).
11. Al-Dhuhaa
S. 93.
11.
Mekah.
(Waktu Dhuha).
12. Al-Insjirah/
Al-Sjarh
S. 94
8.
Mekah.
(Kelapangan).
13. Al-'Ashr
S.
103.
3.
Mekah.
(Masa).
14. Al-'Aadijaat
S. 100.
11.
Mekah.
(Pelari tjepat).
15. Al-Kautsar
S. 108.
3.
Mekah.
(Terlalu baniak).
16. Al-Takaatsur S. 102.
8.
Mekah.
(Berlebih-lebihan).
17. Al-Maa'uun S. 107.
7.
1,2,3,
4,5,6,7;
(Pertolongan).
Mekah.
Medinah.

18. Al-Kafiruun
S. 109.
6.
Mekah.
(Orang kafir).
19. Al-Fiil
S.
105
5.
Mekah.
(Gadjah).
20. Al-Falaq
S.
113.
5.
Mekah.
(Tjuatja subuh).
21. Al-Naas
S. 114.
6.
Mekah.
(Manusia).
22. Al-Ichlash
S. 112.
4.
Mekah.
(Ichlas).
23. Al-Nadjm
S. 53.
62.
Mekah. 32 Medinah.
(Bintang).
24. 'Abasa
S. 80.
42.
Mekah.
(Bermasam muka).
25. Al-Qadar
S. 97.
5.
Mekah.
(Mulia).
26. Al-Sjamsu
S. 91.
15.
Mekah.
(Matahari).
27. Al-Buruudj
(Bintang2).
S.
85.
22.
Mekah.
28. Al-Tiin
S. 95.
8.
Mekah.
(Buah Tin).
29. Quraisj
S. 106.
4.
Mekah.
(Bangsa Quraisj).
30. Al-Qaari'ah
S. 101.
11.
Mekah.
(Gontjangan).
31. Al-Qijamaah
S. 75.
40.
Mekah.
(Kiamat).
32. Al-Humazah S.
104.
9.
Mekah
(Pentjela).
33. Al-Mursalaat
S. 77.
50.
Mekah. 48, Medinah.
(Angin musim).
34. Qaaf
S.
50.
45.
Mekah. 38. Medinah.
(Huruf Qaf).
35. Al-Balad
S. 90.
20.
Mekah
(Negeri).
36. Al-Thaariq
S. 86.
17.
Mekah.
(Bintang bersinar).
37. Al-Qamar
S.
54.
55.
(Bulan).
Mekah. 44, 45, 46, Me- dinah.
38. Shaad
S.
38.
88.
Mekah.
(Shad).
39. Al-A'raaf
S.
7.
206.
(Benteng tinggi).
Mekah. 163 s/d 170 Medinah.

40. Al-Djin
S. 72.
28.
Mekah.
(Djin).
41. Jaasiin
S. 36.
83.
Mekah. 45, Medinah.
(Hai manusia).
42. Al-Furqaan
S. 25.
77.
Mekah. 68, 69, 70
(Pembela).
Medinah.
43. Faathir
S. 35.
45.
Mekah.
(Pentjipta).
44. Marjam
S. 19.
98.d)
Mekah. 58,71 Medinah.
(Marjam).
45. Thaahaa
S. 20.
135.
(Hai manusia).
Mekah. 130,131 Medi- nah.
46. Al-Waaqi'ah
S. 56.
96.
Mekah. 81,82 Medinah.
(Kiamat).
47. Al-Sju'araa'
S. 26.
227.
(Penjair).
Mekah. 197, 224 s/d achir surah, Medinah.
48. Al-Naml
S. 27.
93.
Mekah.
(Lebah).
49. Al-Qashash
S. 28.
88.
Mekah. 52 s/d 55, Me-
(Tjeritera).
dinah, 85 di
Djuhfah diper-
tengahan djalan
waktu Hidjrah.
50. Al-Israa/Bani
Israiil
S. 17.
111.
Mekah. 26,32,33,57,73
(Isra/Bangsa Israil)
s/d 80 Medinah
51. Juunus
S. 10.
109.
Mekah. 40,94,95,96
(Nabi Junus).
Medinah.
52. Huud
S. 11.
123.
Mekah. 12,17,114.
(Nabi Hud).
Medinah.
53. Juusuf.
S.
12.
111.
Mekah. 1,2,3,7
(Nabi Jusuf).
Medinah.
54. Al-Hidir
S. 15.
99.
Mekah. 87, Medinah.
(Batu).
55. Al-An-aam
S. 6.
165.
Mekah. 20,23,91,93,114,
(Bintang ternak).
141,151,152,153,
Medinah
56. Al-Shaaffaat
S. 37.
182.e) Mekah.
(Barisan).
57. Luqman
S.
31.
34.
Mekah. 27,28,29,
(Lukman).
58. Sabaa
(Bangsa Saba).
Medinah. f)
S. 34.
54.
Mekah. 6, Medinah.
59. Al-Zumar (Berbondong2).
S. 39.
75.
Mekah. 52,53,54, Medinah
60. Gaafir
Mekah. 56,57, Medinah.
Al-Mukmin S. 40. 85.
(Pengampun orang
61. Fushshilat/Haamiin al-
mukmin).
Sadjadah
S. 41. 54.
Mekah.
Didjelaskan/Haamim).
62. Al-Sjuuraa S. 42. 53.
(Musjawarah).
(Perhiasan).
Mekah. 23,24,25,27. Medinah.
63. Al-Zuchruf
S. 43.
89.
Mekah. 54 Medinah.
64. Al-Duchaan
S. 44.
59.
Mekah.
(Asap).
65. Al-Djaatsijah S. 45.
37.
Mekah. 14, Medinah.
(Berlutut).
66. Al-Ahqaaf
S. 46.
35.
Mekah. 10,15,35,
(Bukit pasir).
Medinah.
67. Al-Dzaarijat
S. 51.
60.
Mekah.
(Angin keras).
68. Al-Gaasjijah S. 88.
26.
Mekah.
(Kedjadian jang dasjat).
69. Al-Kahfi
S. 18.
110.
(Gua)
Mekah. 28,83 s/d 101 Medinah.
70. Al-Nahl
S. 16.
128.
Mekah. 126,127,128,
(Lebah).
Medinah.
71. Nuh
S. 71.
28.
Mekah.
(Nabi Nuh).
72. Ibraahim
S. 14.
52.
Mekah. 28,29, Medinah.
(Nabi Ibrahim).
73. Al-Anbijaa'
S.
(Nabi2).
74. Al-Mukminuun S.
(Orang2 Mukmin).
བས
21.
112.
Mekah.
23
118.
Mekah.
75. Al-Sadjdah
S. 32. 30.
(Sudjud).
Mekah. 16 s/d 20, Medinah g).
76. Al-Thuur
S. 52.
49.
Mekah.
(Gunung Thur).
77. Al-Mulk
S. 67. 30.
Mekah.
(Keradjaan).
78. Al-Haaqqah
S. 69.
52.
Mekah.
(Pasti datang)
79. Al-Ma'aardj
(Tangga mikradj).
80. Al-Nabaa
(Berita).
81. Al-Naazi'aat
S. 70.
44.
Mekah.
S. 78.
40.
Mekah.
S. 79.
46.
Mekah.
(Bintang2 jang berpindah2).
82. Al-Iníithaar
S. 82
19.
Mekah.
(Belah).
83. Al-Ins;iqaaq
S. 84.
25.
Mekah.
(Petjah hantjur).
84. Al-Ruum
S. 30.
60.
Mekah. 17, Medinah.
(Roma)
85. Al-Ankabuut S. 29.
69.
(Laba2).
Mekah. 1 s/d 11, Medinah.
86. Al-Muthaffifiin S.
83.
36.
Surah ter-
(Orang2 jang tjurang).
achir turun
di Mekah.
87. Al-Baqarah S. 2.
286.
Medinah. 281 di Mina,
(Sapi betina).
pada Hadji
Wada' h
88. Al-Anfaal
S. 8.
75.
Medinah. 30 s/d 36
90. Al-Ahzaab
(Rampasan perang).
89. Aali 'Imraan 1) S. (Keluarga Imran).
(Golongan2).
Mekah
ey
3
200.
Medinah.
S. 33.
73
Medinah
91. Al-Mumtaha-
nah
S. 60.
13. Medinah.
(Wanita jang diudji).
92. Al-Nisaa'
S. 4.
176.j) Medinah.
(Wanita).
93. Al-Zalzalah
S. 99.
8. Medinah.
(Gempa bumi).
94. Al-Hadiid
S. 57.
29.
Medinah.
(Besi).
95. Muhammad S. 47.
38.
Medinah. ajat 13 diper-
(Nabi Muhammad).
tengahan dja- lan waktu
Hidjrah.
96. Al-Ra'ad
S.
13.
43.
Medinah. k).
(Petir).
97. Al-Rahmaan
S.
55.
78.
Medinah. 1)
(Pemurah).

98. Al-Insaan
S. 76.
31.
Medinah.
(Manusia).
99. Al-Thalaq
S. 65.
12.
Medinah.
(Pertjeraian).
100.Al-Bajjinah
S. 98.
8.
Medinah. m).
(Bukti)
101.Al-Hasjr
S. 59.
24.
Medinah.
(Pengusiran).
102.Al-Nuur
S. 24.
64.
Medinah.
(Tjahaja).
103.Al-Hadjdj
S. 22.
78.
Medinah. n) 52,53,54,55
(Hadji).
antara Mekah
dengan Medi
nah.
104.Al-Munaafiqun S. 63. (Orang Munafik).
11.
Medinah.
105.AlMudjaadilah S.
(Wanita jang menuntut
58.
202
22.
Medinah. o)
(pendjelasan).
106.Al-Hudjuraat
S. 49.
18.
Medinah.
(Bilik).
107.Al-Tahriim S. 66.
12.
Medinah.
(Mengharamkan).
108.Al-Tagaabun S. 64.
18.
Medinah.
(Terlihat setiap kedja-
hatan).
109.Al-Shaf
S. 61.
14.
Medinah.
(Baris).
110.Al-Djumu'ah
S. 62.
11.
Medinah
(Hari Djum'at).
111.Al-Fat-h
S. 48
29.
Medinah. diturunkan di
(Kemenangan).
pertengahan
djalan ketika
kembali dari
Hudaibijah.
112.Al-Maa-idah S. 5. (Hidangan).
120.
Medinah. 3, di Arafah
pada Hadji
Wadaa'.
113.Al-Taubah/Al-Baraaah
Taubat/Pemutusan
hubungan).
114.Al-Nashr
129.
Medinah. 2 ajat terac-
hir, di Mekah
S. 110.
3.
di Mina Surah
terac-hir
pada Ha-dji Wa-daa' , dianggap
 sebagai turun di Medinah.

6. Susunan menurut urutan itu tidak saja temui dalam su- atu daftar. Tetapi ada al-Qur-aan jang dengan menjusuri satu demi satu surah-surahnja, kita akan dapat mentjoba menjusun daftar itu. Al-Qur-aan termaksud jang dipergu- nakan disini adalah al-Qur-aan tjetakan dan terbitan Ab- dul Hamid Ahmad Hanafi, Djalan Al-Masjhur al Husaini no. 18 Kairo, Mesir, Rabi-ul Tsani 1352 H, jang dapat saja batja dan pindjam dari mesdjid Rumah Sakit Pusat Djalan Kimia Djakarta pada tahun 1963. Kemudian diperbanding- kan dengan al-Qur-aan menurut tulisan (chath) Mustafa Nazif berdasar tulisan (rasm) Utsman, tjetakan Abdul Fa- tah Abdul Hamid Murod, dalam lingkungan Al-Azhar, Kairo, 10 Rabiul-awal 1337 H. serta al-Qur-aan jang di- tjetak pada tahun 1368 H. di Pertjetakan Serikat Mashhaf Mekah. Untuk terbitan di Indonesia diperbandingkan ter- utama dengan tafsir al-Furqaan oleh A. Hassan dan al- Qur-aan tjetakan Muhammadijah. 1952.
Urutan turun surah itu, dalam al-Qur-aan tadi tidak dise- but dalam satu daftar tersendiri, tetapi pada setiap permu- laan surah disebutkan, bahwa "surah ini" diturunkan se- sudah "surah itu". Disamping itu adakalanja ditambahkan keterangan bahwa ajat nomor sekian dan sekian diketjua- likan karena turun ditempat lain. Di Indonesia telah ada usaha untuk mengeluarkan tafsir al-Qur-aan dengan me- makai urutan turunnja surah ini dan bukan berdasar urut- an jang biasa kita temui dalam al-Qur-aan sekarang, jaitu tafsir Sinar oleh H.A. Malik Ahmad, terbitan Djakarta 1968. 

7. Beberapa tjatatan dan penundjukan tanda2 diatas : 
a). Bandingkan dengan penegasan sebutan codificatie da- lam Handleiding tot de kennis van de Mohammadaans- che Wet dari Dr. Th. W. Juynboll, 1930 halaman 6. b). Sebagai perbandingan lihatlah tjatatan dibawah ini: 
1. Al-Furqaan, tafsir Al-Qur-aan, oleh Hassan ber- djumlah 6237 ajat.
2.Al-Qur-aan, tjetakan Muhammadijah tahun 1952 berisikan 6236 ajat.
3. Al-qur-aan menurut tulisan Mustafa Nazif ber- dasar tulisan Utsman, tjetakan Abdul Fatah Abdul Hamid Murad 1337 H., dalam lingkungan Azhar. Kairo, 6236 ajat.
4. Ibnu Katsiir (meninggal tahun 774 H.), dalam taf- sirnja djuz I halaman 7 mengemukakan berma- tjam pendapat mengenai djumlah ajat ini jang bersumberkan pula pada Abu'Amr al-Daany da- lam kitabnja al-Bajaan: ada jang mengatakan 6000, 6204, 6214, 6219, 6225, 6226 dan ada pula jang mengatakan 6236 ajat.

c). I. Tafsir al-Maraagy djuz I halaman 22: 
a. Surah ini disebut djuga: Umm a-Kitaab, Umm al-Qur-aan, al-Sab'u al-Matsaani. al-Asas.
b. Ada pendapat jang mengatakan bahwa su- rah Al-Faatihah ini surah jang pertama se- kali diturunkan, berdasarkan hadits Siti Chadidjah jang berhubungan dengan Wara- qah jang berbunji sebagai berikut: Telah di- njatakan oleh Baihaqy dalam bukunja a-Da- laa-il dari Abi Maisarah bahwa sesungguhnja Rasullulah s.a.w. berkata kepada Chadidjah: Ketika saja berchalwat seorang diri tiba-tiba saja mendengar seruan; wallahi, saja takut bahwa suara itu merupakan turunnja huku man terhadap saja. Mendjawab Chadidjah: Berselindung aku dengan Allah, tidaklah Allah akan menghukum Engkau, sebab Wallahi, engkau telah memenuhi amanah telah menghubungkan silaturrahim dan me- lakukan perbuatan jang benar. Kemudian Rasulullah mengabarkan hal tersebut kepada Waraqah dan Waraqah mengisjaratkan kepa- da Rasulullah (Waraqah bin Naufal, seorang terpeladjar tetapi buta matanja, pen) agar Rasulullah tetap ditempatnja dan mende- ngarkan seruan tersebut. Demikianlah, keti- ka Rasulullah berchalwat kembali, diserulah dia oleh Malaikat (Djibril, pen): Ja Muham- mad, katakanlah, dengan nama Allah Jang Pengasih Penjajang, segala pudji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam — hingga sampai ke-Waladhalliin (isi a--Faatihah selengkap- nja, pen.)

2. Tafsir Ibnu Katsiir djuz I halaman 8 dan 9: 
a]. Surah Al-Fatihah menurut keterangan Ibnu Abbas dan Qatadah dan Abu 'Alijah turun di Mekah, sedangkan Abu Hurairah, Mu djahid, 'Atha' ibn Jasar serta Zuhry menga- takan turunnja di Medinah. Dalam pada itu ada pula jang mengatakan bahwa turunnja dua kali jaitu sekali di Mekah dan sekali lagi di Medinah.
b]. Memang ada jang mengatakan bahwa surah al-Faatihah adalah surah jang pertama tu-runnja seperti tertera dalam hadits Baihaqy mengenai dalil2 nubuwwah, bahkan ada pu la jang mengatakan al-Muddatstir adalah surah jang pertama, tetapi Ibnu Katstir ber-pendapat al-Faatihah adalah surah jang ke 5 dan surah jang pertama adalah surah al- 'Alaq (Iqra'bismirabbikalladzi chalaq).
d. Surah Marjam ini berisi berita kelahiran Isa Ibnu Mar- jam atau Nabi Isa alaihissalam.
e. Sungguhpun ajatnja banjak jaitu 128, tetapi ajat2 itu sangat pendek2 dan surah al-Shaaffaat ini ditempat- kan tidak dibagian depan tetapi agak ditengah dalam susunan al-Qur-aan sekarang.
f. Menurut tafsir Al-Furqaan oleh A. Hassan surah Luq- man memang turun di Mekah ketjuali ajat ke 28, 29 dan 30 jang turun di Medinah.
g. Menurut tafsir Al-Furqaan oleh A. Hassan surah Al- Sadjdah memang turun di Mekah, ketjuali ajat 10 sam- pai dengan 20 jang turun di Medinah.
h. Surah Al-Baqarah disepakati sebagai surah pertama jang turun di Medinah.
i. Tafsir Al-Furqaan oleh A. Hassan menuliskan dalam huruf Latin nama surah ke- 3 (susunan sekarang) atau ke 89 turunnja ini dengan nama Aal 'Imran, sedangkan dalam tafsir lain umumnja ditulis Ali 'Imran. 
j. Tafsir Al-Furqaan oleh A. Hassan mengatakan ajat surah Al-Nisaa' ini adalah 177 ajat. Dalam surah Al-Nisaa inilah terdapat ajat2 kewarisan.
k. 1.m.n.o. itu surah-surah Al-Rad, Al-Rahman, Al-Bajjinah, Al-Hadjdj dan Al-Mudjadilah menurut tafsir al-Furqaan oleh A. Hassan diturunkan di Mekah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.