Didalam Al Qur'an disebutkan beberapa karakteristik Islam, sebagai berikut:
a. Islam adalah satu-satunya Diin yang diterima oleh Allah (Qs. 3:19-20 3:83-85 3:102)
b. Islam adalah Diin terakhir yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW (Qs. 33:40 34:28)
c. Islam adalah Diin yang membenarkan Diin Samawi sebelumnya (Qs. 3:3 6:92 98:1-5 3:3-4 10:37)
d. Islam sebagai Diin terakhir juga sekaligus menjadi pengoreksi dan penyempurna ajaran-ajaran Tauhid yang telah diselewengkan sebelumnya (Qs. 2:87-89 5.48 16:64 4:47)
e. Islam sesuai dengan fitrah manusia, karena Allah yang menciptakan manusia dan Allah pula yang menurunkan Al Our'an untuk manusia, maka kesesuaian Al Our'an dengan fitrah manusia sudah tidak diragukan lagi (Qs. 30:30).
Sebagai sebuah "Diin", Islam adalah :
a. Dinullah artinya Diin yang diturunkan langsung oleh Allah kepada manusia (Qs. 2:193 3:83 24:2 110:2)
b. Dinul Qayyim artinya Diin dimana didalamnya seorang muslim dituntut konsistensi dan ketekunan menjalankan hukum-hukum didalamnya (Qs. 9:36 12:40 30:30)
c. Dinul Khalish artinya Diin yang didalamnya seorang muslim dituntut keikhlasannya dalam menjalankan dan mengikuti aturan-aturan didalamnya (Qs. 39:3)
d. Dinul Hanif artinya Diin yang lurus, tidak ada kebengkokan didalamnya (Qs. 10:105 30:30 98:5)
e. Dinul Haq artinya Diin yang nilai kebenarannya sudah tidak diragukan lagi (Qs. 9:11 9:33 48:28 61:9)
f. Dinul Malik artinya Diin yang dibangun melalui tatanan kekuasaan (politik dan hukum) yang lengkap dimana didalamnya terdistribusi otoritas, legalitas dan power atas perkenan dan izin-Nya (Qs 12:76)
Dinul Islam memiliki beberapa ciri khas, yang dengan ciri-ciri khas ini membedakannya dengan dien-dien selain Islam dan tak akan mungkin dicapai oleh din-din tersebut adalah .
a. Robbaniyah, artinya hanya bersumber dari Allah sebagai satu-satunya Rabb manusia (Os. 42.13)
b. Insaniyyah 'Alamiyah, artinya memiliki karakter kemanusiaan, sesuai dengan nilai dan fitrah kemanusiaan serta dengan demikian dapat dipergunakan oleh seluruh manusia dipermukaan bumi ini atau bersifat universal (Qs. 21:107 34:28 7:158)
c. Syamil artinya seluruh ajaran dan hukum-hukum yang terkandung didalamnya mampu mengcover seluruh problematika kehidupan, baik yang bersifat sangat individual sampai lingkup global (Os. 6:38 16:89)
d. Basathoh artinya mudah dijalankan oleh para warga didalamnya, Islam menyukai kemudahan dan tidak menghendaki kesulitan bagi ummatnya (Qs. 22:78 5:6 2:286)
e. 'Adalah artinya Islam dengan komprehensifitas dan universalitas ajarannya mampu menegakkan keadilan dipermukaan bumi manapun, memiliki kriteria-kriteria objektif menurut Allah Rabb Semesta Alam (Qs. 5:8 6:152 4:135)
f. Tawazun artinya memiliki karakter keseimbangan, seluruh ajaran Islam tidak ada yang kontradiktif, ia menurunkan keseimbangan antara aspek-aspek yang menjadi unsur kehidupan manusia, antara jasmani dan ruhani, kehidupan dunia dan akhirat, barat dan timur dan lain sebagainya. (Qs. 28:77 47:20 11:15-16 4:134)
g. Dinamis, ajaran-ajaran Islam memadukan antara karakter tsabat (tidak berubah) dan marunah (menerima perubahan), Islam mampu menjawab persoalan masa lalu, masa kini dan pasti juga masa yang akan datang (Qs. 3:159 42:38)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.